Monday, July 19, 2010

Forum Jual Beli Terbesar saat ini ( kaskus.us )


Kaskus, siapa yang tidak tahu forum online terbesar di Indonesia ini. Tidak salah memang Kaskus mengklaim sebagai The Largest Indonesian Community seperti yang dipake sebagai taglinenya. Buktinya, ada 1,2 juta lebih Kaskuser (sebutan untuk member Kaskus) saat ini, 100 juta lebih jumlah tulisan (postingan) yang ada di sana, bahkan mencatat 15 juta pageviews per hari! Kaskus juga merupakan website asli Indonesia yang menempati posisi paling atas di Alexa, bahkan di atas Detik.com.

Selain merupakan sebuah brand komunitas, Kaskus yang ‘dilahirkan’ 10 tahun lalu oleh Andrew Darwis yang sedang kuliah di Amerika Serikat juga merupakan sebuah brand komersial. Kaskus dikelola oleh PT Darta Media Indonesia, perusahaan yang didirikan oleh Andrew sekembalinya di Indonesia, yang menangani urusan operasional, teknis server, hingga marketing. Kaskus mendapatkan pemasukan dari iklan serta donasi para Kaskuser, yang utamanya digunakan agar Kaskus tetap bisa beroperasi. Nilai iklannya pun cukup fantastis, puluhan hingga hampir dua ratus juta rupiah per bulannya!

Kaskus berisi berbagai sub forum tentang berbagai macam hal yang biasa diobrolkan di dunia nyata. Dari hal-hal tentang kehidupan sehari-hari, gosip, teknologi, politik, debat, seni, bisnis, hingga yang aneh-aneh seperti sub forum supranatural. Kaskus juga memiliki marketplace yang bernama Forum Jual Beli, dimana setiap Kaskuser bisa menjual dan membeli hampir barang-barang apapun. ‘Pasar Rakyat’ ini tidak bisa dipandang sebelah mata, karena perputaran uang di FJB setiap bulannya mencapai lebih dari 100 Milliar perbulannya.

No comments:

Post a Comment